Rabu, 19 November 2014

Menjaga Kepercayaan Pada Anak

Sikap dan perilaku seseorang di pengaruhi oleh lingkungan dia tinggal dan bergaul. Sikap dan perilaku seorang anak pun harus  di didik agar menjadi baik sedini mungkin. Dari anak kita usia dini, kita sebagai orang tua harus bersikap baik dan bijak dalam mendidik anak kita, didikan orang tua akan berpengaruh besar pada kehidupannya kelak. Termasuk salah satunya adalah menanamkan kepercayaan pada anak. Di jaman yang sudah modern ini banyak anak- anak yang bersikap dan berperilaku tidak baik seperti berbohong bahkan pada orang tuanya sendiri.

Menanamkan kepercayaan pada anak di awali dengan orang tua yang memberikan contoh. Orang tua harus memberi kepercayaan pada anak ketika dia bermain bersama teman- temannya, karena adanya kepercayaan dari orang tua nya lah yang mengharuskan anak untuk tidak berbohong pada orang tuanya, dan tidak menyalahgunakan kepercayaan dari orang tuanya. Banyak orang tua yang mengekang anak- anaknya untuk tidak pergi bergaul bersama teman- temannya. Jika hanya membatasi tidak apa- apa, namun jika terlalu berlebihan, itu akan membuat si anak menjadi tertekan dan juga stres.

Anak membutuhkan orang yang bisa dia percayai untuk dia bisa menceritakan semua keluh kesahnya, maka sebagai orang tua, kitalah seharusnya orang pertama yang menjadi pendengar yang baik bagi anak kita. Kepercayaan itu tidak hanya ada pada anaknya, namun juga pada orang tuanya. Orang tua harus bisa menjadi seorang yang bisa di percaya oleh anak- anaknya. Mendidik seorang anak itu memang tidak lah mudah, banyak hal yang kadang menjadi kesalah pahaman di antara orang tua dan anak. Di sinilah di butuhkannya kepercayaan antara orang tua dan anak.

Beranjak remaja pun orang tua akan semakin sulit untuk mendidik anak- anaknya. Namun saat inilah akan lebih terasa didikan orang tua jika orang tua itu mendidik anak- anaknya sedari anak itu usia dini. Kepercayaan memang tidak mudah ada, namun ikatan orang tua dan anak sangatlah memungkinkan untuk lebih bisa saling mempercayai. Dan pada kenyataannya pun orang tua dan anak memang di haruskan untuk saling percaya satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar